Stop Bullying!

Kalian pasti udah familiar dengan kata ‘Bully’. Mungkin sebagian dari kita pernah menjadi korban bullying atau malah jadi pelaku baik sengaja maupun tidak sengaja.

https://i2.wp.com/www.ripin.org/images/stop_bullying_now_logo.gif

Korban bullying semakin bertambah. Pelaku bullying apalagi.  Sebelum menyampaikan hal inti, aku akan merangkumkan beberapa pendapat orang-orang tentang bullying.

Bullying adalah suatu bentuk perilaku agresif yang diwujudkan dengan penggunaan kekerasan atau paksaan untuk mempengaruhi orang lain, khususnya saat perilaku adalah merupakan kebiasaan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan. – Wikipedia.

Kekerasan fisik dan psikologis berjangka panjang yang dilakukan seseorang atau kelompok terhadap seseorang yang tidak mampu mempertahankan diri dalam situasi dimana ada hasrat untuk melukai atau manakuti orang atau membuat orang tertekan, trauma / depresi dan tidak berdaya. -Kompasiana

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa bullying itu adalah bentuk perilaku yang merugikan oranglain. Sebenarnya bullying tidak hanya berupa kekerasan fisik, tetapi juga hal-hal yang dapat menganggu ketenangan jiwa.

Contoh ‘Bullying’ yang kerap terjadi di lingkungan sekolah :

  •  Pencemaran nama baik dengan cara memfitnah atau menuduh yang bukan-bukan. Sehingga si tertuduh mengalami guncangan mental/merasa tidak nyaman.
  • Mengucilkan seseorang dan terus menghujatnya, sehingga dia merasa tidak nyaman.
  • Meminta sesuatu dengan kekerasan.
  • Menindas seseorang karena menganggap diri kita lebih kuat darinya.

Semenjak maraknya social media, bullying juga bisa lewat sosial media seperti twitter, facebook, dll. Biasanya berupa mengolok-olok, dan saling menjelekkan. “If you are a victim of bullying, then you are not alone.” Who can protect me?

  • Orangtua/Guru
  • Teman terdekat
  • Komisi Nasional Perlindungan Anak
  • Polisi/pihak yang berwenang.

Sudah bukan rahasia apalagi bullying marak terjadi di lingkungan sekolah. Maka hal yang harus dilakukan pertama kali adalah “SPEAK UP!” 

Berdasarkan kejadian-kejadian yang sering aku lihat, Kebanyakan korban bullying takut menceritakan apa yang telah dialaminya, dan lebih memilih untuk menyimpan hal itu di dalam hati. Padahal, hal itu membuat pelaku Bully malah menjadi-jadi karna tidak mendapat perlawanan.

Solusi supaya kita gak jadi korban ‘Bullying :

1. Cari teman sebanyak-banyaknya! Teman adalah media pelindung yang paling ampuh.

2. Konsultasi, kalau disekolah aku sih biasanya pada curhat ke guru BP, dan guru BP pasti akan mengambil tindakan kalau siswanya udah keterlaluan.

3. Laporkan!, Kalau udah terjadi kekerasan fisik yang melukai tubuh kita, apalagj kekerasan seksual itu sudah wajib dilapor, lapor ke orang tua bila perlu ke pihak yang berwajib.

Sekian. Semoga bermanfaat

Minggu kemaren aku dikasih tugas TIK untuk buat artikel sendiri, setelah mikir panjang selama seminggu barulah hari ini aku posting artikel nyaPak Edi kasih nilai tinggi ya pak heheh